Kampus Unika st thomas Medan yang asri


13452842491452813480

Lapangan Reformasi(Unika st thomas SU)

Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara atau biasa disingkat Unika st Thomas SU adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang merealisasikan pentingnya pepohonan rimbun disekitar kampus, ya bisa dikatakan Unika st Thomas SU adalah salah satu Green Campus. Mulai masuk gerbang kampus, kita sudah disambut oleh pepohonan-pepohonan disekitar kampus. Kebetulan saya Mahasiswa di Unika st Thomas SU, tentunya setiap harinya saya merasakan suasana yang sejuk di kampus ini.

1345289674652314774

Kampus Unika dipotret dari lantai 3 gedung Perpustakaan (Unika St Thomas SU)

Suhu udara di Kampus Unika st Thomas SU sangat jauh berbeda dengan suhu udara di Kota Medan pada umumnya. Setiap orang yang pernah berkunjung atau pun menetap di kota Medan,pastinya setuju dengan pendapat saya kalau kota medan identik dengan cuacanya yang panas. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengkategorikan suhu udara normal di Medan dan sekitarnya adalah ketika suhu berada pada kisaran 24-33 derajat celcius. Namum beberapa bulan terakhir suhu udara di kota medan mengalami kenaikan. Hampir seluruh warga Kota Medan mengeluhkan panas dan teriknya matahari pada siang hari.  Pukul 09.00 pagi saja, panas dan gerah sudah terasa. Hasil pantauan BMKG pada bulan juli mencatat suhu ekstrem tengah terjadi di kota Medan dimana cuacanya mencapai 36-37 derajat celcius”.

1345284472958889944

Gerbang Kampus(Doc.Pribadi)

Ntah faktor-faktor apa yang menyebabkan kenaikan suhu udara di kota Medan belakangan ini namun dengan kondisi panas ini,berbagai penyakit akan timbul karena cuaca panas ini dan Daya tahan tubuh juga akan menurun. Wah, saya terlalu banyak basa-basi nih, hehhe . kembali ke judul, Dengan suasana kampus Unika st thomas SU yang asri dan indah serta dilengkapi berbagai fasilitas penunjang tentunya akan membantu menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan.

13452884131096353422

Sejumlah Mahasiswa-Mahasiswa sedang Internetan,Belajar dan Berdiskusi Di bawah Pohon (Tribun Medan)

Tidak seperti kampus lain di kota Medan,Kampus Unika st Thomas SU menyapa siapapun yang datang dengan warna-warni bunga-bunga dan beragam pepohonannya. Disaat memasuki pelataran kampus Unika st Thomas SU akan disuguhi pemandangan yang serba hijau, dimana aneka pepohonan tumbuh menjulang diberbagai tempat disertai taman bunga disekelilingnya. Tanaman khas Medan menjadi welcome drink bagi para tamu yang pertama kali menginjakan kaki di kampus Unika st Thomas SU. Tak ketinggalan dengan pepohonan yang daunnya lebat menjadi kanopi dari terpaan sinar matahari, sehingga membuat nyaman bagi yang berteduh dibawahnya.

1345284560656246325

Pekarangan Kantor Rektorat (Unika St Thomas SU)

Maka tidak mengherankan jika anda menemukan banyak mahasiswa-mahasiswa yang sedang asyik berteduh dibawah pohon sambil Wifi-an dan juga mahasiswa yang belajar dan berdiskusi dibawah pohon. Benar-benar jauh berbeda dengan kampus-kampus yang relatif berada di pusat perkotaan dan suasana Bising kendaraan.

1345289778198347266

Sekitar Kolam dan Gedung Kapel(Unika st Thomas SU)

Kampus memang bukan sekedar bangunan. Kampus merupakan tempat sekelompok anak bangsa berkumpul dari seluruh pelosok negeri untuk mendapat ilmu dan tempaan. Akan jadi sosok apakah dia, lingkungan kampus sangatlah berpengaruh. Apabila tidak, mungkin kampus hanya sekedar bangunan tempat dosen datang, mengajar, memberi nilai untuk kemudian dilupakan. Selesai. Tidak ada kebanggaan pada almamater. Dan kampuspun gagal memberi kontribusi pendidikan seutuhnya pada seorang calon tokoh bangsa.

1345284851192249371

Asrama Puteri (Unika st Thomas SU)

Nah,Dengan Suasana lingkungan kampus yang asri, sejuk, hijau dan alami membuat nuansa belajar yang nyaman dan menyenangkan. Kondisi inilah yang menjadi daya tarik Universitas Katolik st Thomas SU yang mendapat julukan Kampus TerAsri se-kota Medan ini. Unika st Thomas SU memang sejak awal berdirinya menerapkan konsep kampus hijau dalam menata lingkungan kampusnya.

13452877161281765186

Unika St Thomas Su (Unika st Thomas SU)

Tidak hanya itu, Kampus Unika st Thomas SU yang kampusnya penuh dengan pohon-pohon yang membuat suasana sejuk tetapi juga seluruh civitas Unika st Thomas SU, mulai dari rektorat,dosen-dosen,pegawai hingga mahasiswanya selalu ditanamkan kedisplinan untuk  membuang sampah pada tempatnya. Anda akan sangat sulit mencari sampah yang berserakah di lingkungan kampus Unika st Thomas SU ini, karena memang hampir tidak ada sampah, sangat jarang ditemui orang yang membuang sampah dengan seenaknya sendiri di kampus ini.

13452882651379155581

Kampus Unika st Thomas SU(Doc.Pribadi)

Petugas kebersihan kampus yang sudah menjadi rutinitas kerjanya membersihkan lingkungan kampus, setiap harinya hanya mendapati atau membersihkan daun-daun pepohonan yang berguguran di malam hari. Dengan pola pikir masyarakat kampus Unika st Thomas SU yang mencintai dan peduli akan kondisi lingkungannya dengan membuang sampah pada tempatnya, sangat berdampak baik bagi di lingkungan kampus ini sendiri. Lingkungan terasa bersih dan nyaman, tidak tercium bau-bau “aneh” karena bekas bungkus makanan yang terbuang dan menginap beberapa hari.

13452894362080813659

Mahasiswa dan Dosen Fakultas Pertanian (Unika st Thomas SU)

Sulit mencari ungkapan  tepat untuk mengungkapkan kampus Unika st Thomas SU yang beralamat di jl. Setia Budi No. 479-F- Tanjung Sari Medan ini, semoga ke-asrian Kampus Unika st Thomas SU diharapkan bisa menjadi contoh dan pola pikir untuk menjaga bumi ini dari pemanasan global dimana tanaman menjadi jalan satu-satunya untuk mencegah. Arti penting tanaman bagi kehidupan setidaknya bisa menggugah kesadaran untuk terus menjaga kelestarian tanaman. Mari selamatkan bumi kita dari pemanasan dengan menanam dan melestarikan tanaman.

About these ads

Tentang sang pengelana

mencarimu di medan perang
Tulisan ini dipublikasikan di Pendidikan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s